Hari Pendidikan Nasional
 Sekilas Info : 16 Mei 2014 : Sebanyak 230 CPNS diambil sumpah janji PNS oleh Wawali, Jumat (16/5) di Ruang Serbaguna Pemkot Tarakan.     15 Mei 2014 : Pada selasa siang (13/5) sejumlah 15 kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Sekretariat Daerah Pemkab Tana Tidung di Tideng Pale, hangus dilalap api. (Adr)     15 Mei 2014 : Seluruh soal ujian akhir sekolah (UAS) untuk tingkat SD di Tana Tidung habis terbakar.     13 Mei 2014 : Wawali bersama jajaran satpol pp laksanakan partroli keliling kota, selasa malam (13/5) mulai pukul 10.00 wib hingga berakhir pukul 01.00 dini hari.     30 April 2014 : Pemprov Kaltara lelang 12 Jabatan Eselon II           
Menu Utama

Info Pengunjung
Hits : 9617444
Tamu :
IP : 54.205.98.35


Terima kasih atas kunjungan Anda

  


SAMBUTAN WALIKOTA TARAKAN
Pada Acara
PELANTIKAN, PENGAMBILAN SUMPAH &
SERAH TERIMA JABATAN PEJABAT ESELON II, III DAN IV
DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TARAKAN
Tarakan, 07 April 2009
__________________________________________

dibaca 5847 kali

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi dan salam sejahtera
Mengawali sambutan ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya atas perkenanNya kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal’afiat, sehingga di pagi ini kita bisa mengikuti acara Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV lingkup Pemerintah Kota Tarakan.

Hadirin sekalian yang saya hormati, Ada dua hal yang penting yang ingin saya sampaikan melalui acara Pelantikan dan serah Terima Jabatan kali ini, yaitu ;
Pertama, Bahwa Pelantikan ini merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan program mutasi dan promosi bagi PNS yang dianggap mampu menduduki jabatan tertentu; Pelaksanaan mutasi dan promosi ini dilaksanakan tetap mengacu kepada pola pembinaan sesuai ketentuan perundangan yang berlaku dengan mempertimbangkan pula faktor-faktor obyektif lainnya melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (BAPERJAKAT).

Kedua, Mekanisme Pelantikan juga merupakan perwujudan dari pelaksanaan reorganisasi. Pada sisi ini, kita perlu memahami kembali makna yang terkandung di dalamnya agar acara yang kita laksanakan ini dapat secara tepat mengarah pada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Reorganisasi atau mutasi dan promosi hendaklah saudara-saudara pahami sebagai sebuah dinamika organisasi yaitu suatu proses yang harus diselenggarakan secara terus menerus, karena adanya serangkaian perubahan dalam lingkungan organisasi itu sendiri, baik yang disebabkan oleh faktor-faktor eksternal maupun internal.

Pelaksanaan re-organisasi ini merupakan upaya kita untuk terus meningkatkan efektifitas organisasi dalam setiap situasi atau perubahan lingkungan yang terjadi, yang diharapkan akan bermuara pada peningkatan pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat.

Dengan makna yang demikian itu, maka mutasi yang menyertai pelaksaan re-organisasi ini sekurang-kurangnya akan memberikan manfaat bagi pegawai, serta terutama sekali bagi perkembangan organisasi itu sendiri.

Melalui mutasi, para pegawai memperoleh kesempatan untuk melakukan aktualisasi diri dengan mengusahakan peningkatan prestasi yang optimal dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya, sesuai kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Konsekuensi adanya Mutasi ini bagi saudara-saudara adalah mengimbangi jabatan baru dengan peningkatan prestasi kerja saudara secara signifikan. Bila hal ini dapat diwujudkan, saya yakin bahwa rangkaian prestasi para pegawai akan semakin memantapkan kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan operasionalnya.

Dalam hal ini saya mengucapkan terima kasih kepada Saudara yang telah selesai menunaikan tugas jabatannya masing-masing, disertai harapan agar Saudara terus meningkatkan prestasi pada jabatan atau posisi pekerjaan yang baru.

Disamping itu, Saya merasa perlu untuk mengingatkan tentang pentingnya peranan setiap pimpinan dalam mengarahkan pelaksanaan tugas bawahannya. Setiap pejabat pimpinan harus secara terus menerus meningkatkan mutu pengawasan dan pengendalian program yang dilaksanakan.

Semua pejabat dipersyaratkan untuk dapat memiliki sikap ilmiah, maupun kepedulian yang begitu mendalam sehingga tercipta aneka kreatifitas dalam menjamin tercapainya sasaran kerja secara berdaya guna dan berhasil guna. Para pejabat pimpinan hendaklah selalu mengusahakan untuk tidak terjebak dan tenggelam dalam hal-hal yang bersifat rutin belaka.

Dalam kesempatan ini Saya sampaikan perlu untuk terus dikembangkan semua kondisi yang memungkinkan terciptanya pelaksanaan pengawasan, baik berkenaan dengan penataan prosedur dan sistim kerja maupun yang menyangkut pembinaan motivasi dan prestasi pegawai.

Melalui peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil khususnya saudara-saudara yang menjabat eselon II, III dan IV kita dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Kota. Dengan kepercayaan yang diberikan maka kita dapat merangkul masyarakat untuk secara bersama-sama menyukseskan program pembangunan yang telah direncanakan.

Beberapa point penting yang kiranya dapat saudara-saudara perhatikan :
1. Kiranya saudara yang dilantik sesegera mungkin dapat menyesuaikan diri dengan jabatan dan lingkungan kerja saudara sesuai dengan tupoksi yang ada.
2. Pengangkatan saudara-saudara pada jabatan eselon II, III dan IV ini dilakukan dengan pertimbangan yang mantap dan seleksi yang ketat, oleh karena itu secara khusus Saya minta Saudara-saudara untuk melaksanakan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya.
3. Sebagai Pejabat saudara-saudara merupakan figur sekaligus patron bagi bawahan saudara dan masyarakat pada umumnya, karena tiap bawahan akan senantiasa mengawasi segala aktivitas saudara-saudara baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat.

Selanjutnya beberapa hal yang perlu Saya ingatkan, dimana kita dihadapkan pada pelaksanaan tugas yang semakin meningkat baik dalam jumlah maupun bobotnya, terutama meningkatnya suhu politik di berbagai daerah, termasuk Kota Tarakan dalam waktu dekat ini akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilu Legislatif tepatnya pada tanggal 09 April 2009.

Oleh karenanya diharapkan bagi tiap PNS hendaknya senantiasa dapat bersikap netral, yakni dalam arti netral dari pengaruh – pengaruh kepentingan partai politik dan golongan serta yang terpenting adalah berperan aktif dalam menyukseskan pemilu dengan turut melakukan sosialisasi, menggunakan hak pilih saat pemungutan suara, bahkan menjadi petugas pemilu jika diperlukan, "JANGAN GOLPUT !".

Dalam konteks ini, setiap PNS bebas untuk menentukan pilihannya, pilihlah partai politik yang benar – benar mendukung reformasi dan birokrasi serta dapat mengsejahterakan rakyat dan aparatur pemerintah.

Silahkan menggunakan hak pilih secara cerdas, hal terpenting lainnya yang perlu diperhatikan khususnya bagi PNS yang apabila melanggar aturan baik UU nomor 43 tahun 1999 tentang Pokok Pokok Kepegawaian, UU No. 10 tahun 2008 tentang Pemilu dan aturan bagi PNS lainnya, akan dikenakan sanksi. Berdasarkan PP No. 30 tahun 1980 sanksi bisa berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah, pemberhentian dengan hormat, serta pemberhentian secara tidak hormat.

Demikian kiranya beberapa hal dapat saya sampaikan, satu hal yang tentunya harus diperhatikan adalah bahwa untuk menyukseskan pembangunan tentunya diperlukan kesungguhan, itikad baik, kerja keras serta kerja sama yang harmonis dengan semua pihak.

Perlu untuk dijadikan renungkan kita semua bahwa sebagai hamba Allah,SWT kita harus sadar jika jabatan, posisi, ataupun kedudukan apapun yang kita jalani dan emban merupakan amanah yang harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Karena pada saatnya nanti kita akan dimintai pertanggung-jawaban dari Sang Khalik yang telah memberikan amanah tersebut.

Akhirnya saya ucapkan selamat bekerja, selamat bertugas. Semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan lahir dan bathin kepada kita dalam melaksanakan setiap amanat yang telah dipercayakan kepada kita masing-masing. Amin.

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



WALIKOTA TARAKAN,


H. UDIN HIANGGIO





Konsep :
• Adrianinur, A.Md


Editor :
• H. Ruslan Arifin, SE
• Mohammad Isa


kembali | Cetak


5 (lima) Pidato sebelumnya :

1. UPACARA HUT KE – 59 SATUAN POLISI PAMONG PRAJA
KOTA TARAKAN
[07] [dibaca: 1994 kali]
2. PELANTIKAN PENGURUS GABUNGAN
CABANG BRIGE SELURUH INDONESIA
[07] [dibaca: 1769 kali]
3. PENYERAHAN SK PENGANGKATAN CPNSD
FORMASI UMUM TAHUN ANGGARAN 2008
DI LINGKUP PEMKOT TARAKAN
[07] [dibaca: 1926 kali]
4. SILATURAHMI WALIKOTA
DENGAN PEJUANG LINGKUNGAN KOTA TARAKAN
[07] [dibaca: 4223 kali]
5. PEMBUKAAN SEMINAR & SOSIALISASI "PENCEGAHAN KORUPSI SEJAK DINI" [07] [dibaca: 4198 kali]

  
Dikelola oleh Diskominfo Tarakan 2010
Jl. Kalimantan No.1 Telp.(0551)21620, 34304 Kota Tarakan - Kalimantan Utara - Indonesia
Best Viewed 1024 x 768 Pixel Enable Flash Macromedia Plugin
Waktu Akses: 0.038 detik