Hari Pendidikan Nasional
 Sekilas Info : 16 Mei 2014 : Sebanyak 230 CPNS diambil sumpah janji PNS oleh Wawali, Jumat (16/5) di Ruang Serbaguna Pemkot Tarakan.     15 Mei 2014 : Pada selasa siang (13/5) sejumlah 15 kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Sekretariat Daerah Pemkab Tana Tidung di Tideng Pale, hangus dilalap api. (Adr)     15 Mei 2014 : Seluruh soal ujian akhir sekolah (UAS) untuk tingkat SD di Tana Tidung habis terbakar.     13 Mei 2014 : Wawali bersama jajaran satpol pp laksanakan partroli keliling kota, selasa malam (13/5) mulai pukul 10.00 wib hingga berakhir pukul 01.00 dini hari.     30 April 2014 : Pemprov Kaltara lelang 12 Jabatan Eselon II           
Menu Utama

Info Pengunjung
Hits : 9618533
Tamu :
IP : 54.197.111.87


Terima kasih atas kunjungan Anda

  


SAMBUTAN WALIKOTA TARAKAN
Pada Acara
DIALOG PUBLIK ”Sosialisasi Penanggulangan Penyakit
Demam Berdarah Dengue (DBD) dan HIV/ AIDS
KOTA TARAKAN
Tarakan, 01 Desember 2007
__________________________________________

dibaca 13057 kali

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan Rahmat-Nyalah pada hari ini kita bersama-sama dapat bertemu pada acara Dialog Publik Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Demam Berdarah & HIV/ AIDS Kota Tarakan.

Hadirin dan peserta yang berbahagia, Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular berbahaya yang dapat menyebabkan kematian yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Jumlah kasus DBD maupun luas daerah penyebarannya semakin bertambah seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk.

Penyakit DBD merupakan masalah kesehatan masyarakat, yang sewaktu-waktu dapat menjadi wabah. Sebagaimana informasi yang Saya peroleh bahwa angka bebas jentik dikota Tarakan yaitu 36%, angka ini jauh dibawah standar WHO 95%. Dan sejak tahun 2001 sudah tidak ada lagi Kelurahan yang bebas DBD, dimana saat ini 18 kelurahan merupakan daerah endemis DBD dan 2 kelurahan adalah sporadis (dalam 3 tahun ditemukan kasus DBD).

Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan masyarakat kota Tarakan dalam rangka memberantas penyakit ini, diantaranya fogging (pengasapan), abatisasi selektif, Revolving Fund Sistem dan penggerakan PSN di masyarakat. Namun upaya ini belum dapat memutuskan rantai penularan DBD di masyarkat. Oleh karena itu marilah kita bersama – sama berupaya menjaga kondisi lingkungan kita daengan melaksanakan 3M, yaitu menguras tempat – tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, dan mengubur barang – banran bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng, ban bekas, plastik dan sebagainya.

Khusus masalah HIV/AIDS, menurut perkiraan WHO, sampai sekarang sekitar 35 juta lebih orang telah ter-inveksi HIV/AIDS, 7 juta diantaranya diperkirakan mati. Angka ini bahkan bisa lebih dari yang diperkirakan dengan didasari oleh fenomena gunung es, yakni bahwa apa yang tampak dipermukaan air laut terlihat kecil, padahal kasus sebenarnya yang tersembunyi jauh lebih besar.

Sebagaimana telah kita maklumi, AIDS merupakan suatu sindroma atau kumpulan gejala penyakit akibat hilangnya kekebalan tubuh. Akibat hilangnya kekebalan, seseorang tidak akan mampu bertahan terhadap serangan penyakit apa pun juga. Akibatnya, jika seseorang terserang AIDS, maka orang tersebut secara medis tidak dapat disembuhkan lagi, karena hingga kini, secara medis pula, belum ditemukan obat untuk mengatasi virus HIV/AIDS, sehingga masalah ini memang benar-benar masalah serius yang memerlukan penanganan secara global. Masalah HIV/AIDS bukan sekedar masalah kesehatan belaka, tetapi juga masalah sosial yang kompleks, karena berdampak luas dalam kehidupan masyarakat.

Dikota Tarakan kasus HIV pertama ditemukan pada tahun 1997 sebanyak 1 kasus yang merupakan hasil kegiatan sero survey terakhir pada tahun 2006 ditemukan 35 kasus HIV/AIDS terjadi peningkatan dari 0,5% menjadi 3,32%. Pada tahun 2006 prevalensi meningkat menjadi 9,28% dan menempatkan kota Tarakan menjadi urutan pertama di Kalimantan Timur karena tingginya kasus HIV/AIDS. Masyarakat pun telah turut berpartisipasi secara aktif untuk mencegah meluasnya berbagai penyakit tersebut seperti DBD dan HIV/AIDS. Namun, kita perlu menyadari, bahwa sebagian besar dari upaya bersama tersebut, lebih banyak menyentuh aspek penanggulangan daripada aspek pencegahan. Kita masih perlu membangun sistem dan menata diri lebih baik, termasuk memperjelas pembagian kewenangan dan tanggung jawab antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, agar upaya pencegahan dapat terbangun secara efektif.

Melindungi diri dari ancaman bahaya diatas bukan hanya berarti melindungi diri pribadi, namun hal ini juga berarti satu langkah positif dalam upaya setiap individu melindungi keluarga, isteri, suami dan anak-anak. Gerakan masyarakat untuk menyelamatkan sumber daya manusia dari ancaman pengaruh obat - obatan terlarang dan HIV, berarti gerakan masyarakat untuk menjaga tingkat produktifitas sumber daya manusia yang ada. HIV/AIDS bukan sekedar masalah medis. Tetapi memiliki kompleksitas permasalahan psikologis, ekonomi, sosial, dan lain-lain aspek dalam kehidupan kita.

Melalui kesempatan ini, Saya mengajak semua pihak yang berkompeten untuk selalu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman bahaya yang serius ini. Penyebaran pemahaman tentang seluk-beluk penanggulangan DBD dan HIV/AIDS harus dilakukan secara merata ke segenap lapisan masyarakat. Bahaya ini akan mengancam siapa saja tanpa terkait dengan status sosial seseorang, orang kaya, orang miskin, orang terpelajar dan orang awam setiap saat dapat saja terserang bahaya penularannya. Karena itu, melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat dilakukan secara terus-menerus.

Kegiatan sosialisasi pada saat inipun merupakan salah satu ikhtiar kita dalam menyelamatkan masa depan bangsa dan negara. Untuk itu perlu kita ingat bersama : 1. Marilah kita tingkatkan kebersihan lingkungan, serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, 2. Jalin terus rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan, dengan senantiasa meningkatkan koordinasi. 3. Sosialisasikan hasil pertemuan ini kepada lingkup masing-masing dalam upaya mencapai target optimal dari tujuan pelaksanaan acara ini.

Demikianlah sambutan saya hadirin sekalian. Semoga harapan-harapan Saya itu akan menjadi perhatian segenap lapisan masyarakat di daerah tercinta ini. Betapapun kita menyadari masalah yang kita hadapi ini sangat berat, namun kita akan bertekad walau kita tidak mempunyai pilihan lain, kecuali menghadapinya dengan kesungguhan hati, kesabaran, dan senantiasa berupaya dengan kerja keras.

Saya sampaikan penghargaan dan ucapan saya kepada masyarakat, para LPM, mahasiswa, PKK, serta para pelajar atas dukungannya untuk membantu Pemerintah, bersama-sama memerangi ancaman kita, penyebaran penularan DBD maupun HIV/AIDS yang memang harus kita berantas secara sungguh-sungguh.

Kita bermohon pula semoga Allah SWT akan senantiasa mengiringi langkah-langkah kita bersama dalam berjuang mengatasi berbagai masalah pelik yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan negara. Demikian pokok-pokok pikiran yang dapat Saya sampaikan dalam kesempatan ini, akhirnya dengan mengucap “Bismillahirrahmanirrahim”, Dialog Publik “Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan DBD dan HIV/ AIDS” di Kota Tarakan tahun 2007, Saya nyatakan dengan resmi DIMULAI.

Sekian dan terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

WALIKOTA TARAKAN


dr. H. JUSUF S.K


kembali | Cetak


5 (lima) Pidato sebelumnya :

1. SOSIALISASI HUKUM Peradilan Tata Usaha Negara dan Tata Cara Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara [01] [dibaca: 3625 kali]
2. SILATURAHMI DENGAN PEMPROV
PROBOLINGGO & DEWAN PENDIDIKAN
KOTA BANGKA BELITUNG
DI KOTA TARAKAN
[01] [dibaca: 2326 kali]
3. PELAKSANAAN PENYERAHAN SK CPNS
FORMASI TAHUN 2006 DI LINGKUNGAN PEMERINTAH
KOTA TARAKAN
[01] [dibaca: 2300 kali]
4. RAPAT PARIPURNA PENGAMBILAN
KEPUTUSAN TERHADAP 3 (TIGA) BUAH
RANCANGAN PERATURAN DAERAH KOTA TARAKAN
[01] [dibaca: 1477 kali]
5. SEMINAR KESEHATAN DLM RANGKA HARI KESEHATAN NASIONAL KE-43
KOTA TARAKAN
[01] [dibaca: 5238 kali]

  
Dikelola oleh Diskominfo Tarakan 2010
Jl. Kalimantan No.1 Telp.(0551)21620, 34304 Kota Tarakan - Kalimantan Utara - Indonesia
Best Viewed 1024 x 768 Pixel Enable Flash Macromedia Plugin
Waktu Akses: 0.040 detik